Kulit hewan yang biasa dipakai untuk produk kulit

Daftar hewan yang biasa dipakai dalam proses penymakan

Dalam sejarah kehidupan manusia, material kulit merupakan penemuan yang sangat berguna. Kulit diperoleh dari binatang dipergunakan sebagai  bahan makanan dan peralatan. Seiring berjalannya waktu proses penyamakan kulit dikembangkan untuk menghasilkan material kulit yang lebih baik.

Produk fashion dan kerajinan kulit memang sangat menarik untuk dimiliki dan dipakai oleh banyak kalangan. Motif dari kulit yang khas dinilai memberikan nilai mewah atau klasik akan membuat nilai produk menjadi lebih mahal. Motif produk kerajinan kulit dihasilkan dari proses penyamakan dari bahan baku kulit binatang seperti sapi, domba, kambing, dan lain-lain.

Berikut ini adalah jenis dan macam material kulit atau leather berdasarkan bahan baku yang digunakan.

  1. Calfskin

Calfskin adalah kulit sapi muda, dimana material yang dihasilkan lebih tipis, lembut, dan halus dibandingkan dengan kulit sapi yang sudah tua.

  1. Goatskin

Goatskin adalah kulit dari kambing, dimana material yang dihasilkan sangat tipis dan memiliki kelenturan yang tinggi, biasanya kulit kambing maupun domba digunakan untuk bahan gaun dibandingkan dengan tas atau sepatu.

  1. Lambskin

Lambskin adalah kulit dari domba, memiliki tekstur dan struktur yang mirip dengan goatskin.

  1. Nubuck

Nubuck adalah jenis kulit yang dihasilkan dari kulit sapi pada umumnya tetapi pada bagian permukaan dilakukan proses amplas untuk menghasilkan tekstur serabut.

  1. Suede

Suede adalah kulit yang dihasilkan dari proses penyamakan pada bagian dalam atau bawah permukaan kulit binatang sehingga menghasilkan tektur yang kasar dan sedikit berbulu atau beledu.

  1. Shell Cordovan

Shell Cordovan adalah kulit yang dihasilkan dari bagian belakang punggung kuda (bokong), dimana kulit kuda cenderung memiliki tektur padat dan keras namun menghasilkan produk akhir yang licin dan mengkilap dibanding dengan kulit sapi.

  1. Chamois Leather

Chamois merupakan jenis kambing gunung dari benua eropa.

  1. Pigskin

Kulit babi menghasilkan material yang kuat, selain kulit dari babi di Australia kangguru juga digunakan kulitnya untuk menghasilkan produk yang memiliki hasil sedikit lebih baik.

  1. Bison/ Buffalo Leather

Kerbau atau bison menghasilkan kulit mermotif atau pola yang unik, tidak rata dan terlihat lebih kasar.

  1. Ostrich

Ostrich merupakan kulit yang dihasilkan dari burung onta dimana menghasilkan produk yang bermotif sangat unik dengan bitnik-bintik yang dihasilkan dari bekas cabutan pada bulu.

  1. etc

2 thoughts on “Kulit hewan yang biasa dipakai untuk produk kulit

  1. wah banyak banget ya produk kulit ternyata, makasih ilmunya

    1. iya kak sama-sama

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1
Halo, kamu butuh apa?
Powered by